Manfaat Proxy Server


Proxy server merupakan server yang digunakan untuk menyimpan chace web yang pernah diakses oleh pengguna. Manfaat dari proxy server adalah untuk mempercepat akses ke situs web serta mengoptimalkan bandwith yang dimiliki.
 
Beberapa pengguna internet biasanya pernah mengakses situs informasi yang sama. Sebagai contoh, setiap pengguna selalu mengakses suatu situs, misalnya Yahoo, Facebook, Kompas.com, atau web institusi/perusahaan yang diakses oleh karyawan secara bersamaan, dll.
 
Tanpa proxy, setiap pengguna harus melakukan akses langsung ke server Yahoo!/facebook di Amerika sana, yang hal ini karena jauhnya jarak ke server luar tersebut, maka menghasilkan delay yang besar, itulah mengapa walaupun bandwith anda terasa besar yang diberikan oleh ISP anda tetapi performance yang dihasilkan tidak memuaskan, hal ini disebabkan delay (lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan tanggapan request dari sisi server).
Sebagai contoh anda mempunyai bandwith 4Mbps tetapi kenapa setiap saat membuka halaman pertama web/situs tujuan anda, requestnya tidak langsung diirasakan/terlihat dilayar monitor tetapi menunggu beberapa saat, hal ini cukup mengganggu bagi sebagian orang atau bisa dikatakan mencerminkan speed internet anda yang lambat.

Dengan adanya proxy server, pengakses yang akan melihat halaman Yahoo! tidak perlu harus selalu mengakses secara langsung ke server yahoo yang letaknya di Amerika, tetapi cukup diakses cache proxy server Local anda saja. sehingga sangat menghemat bandwith anda sekaligus mempercepat request koneksi bandwith anda. jika anda membuka web tujuan akan langsung muncul dilayar monitor tanpa adanya delay...asik bukan....

Mungkin anda mempunyai bandwith sudah besar misalnya 3Mbps, request akses kok masih terasa lambat, seperti mengakses yahoo, facebook atau web institusi anda, hal ini dikarenakan delay yg besar untuk menuju ke server-server tersebut , untuk mengatasinya perpendeklah jalurnya dengan Local proxy server.

Resigzed ImageClick this bar to view the full image.

 
Squid Proxy menggunakan patching Lusca

Lusca bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-2 dalam basis kode sementara squid, serta menjaga kestabilan fungsionalitas dan stabilitas Squid.

mendukung mayoritas HTTP/1.1 HTTP/1.0
Mendukung protokol dan caching untuk merekonstruksi : konten load balancing HTTP, kegagalan, permintaan cerdas / jawaban routing, memori dengan kinerja tinggi dan cache disk, sistem kontrol akses yang fleksibel
Peningkatan kinerja yang lebih cepat karena memperbaiki kelemahan squid proxy
Menangani local cache Content dynamic
web proxy / cache platform dengan kinerja lebih stabil, fitur lebih banyak dan skalabilitas yang dynamis.
mendukung cpu single core ataupun multicore
Lusca terus meliputi perbaikan dan perkembangan dari proyek Squid

Feature :

Sangat banyak feature yang di config squid di freebsd diantaranya :

Live Dashboard Feature freebsd secara web based management untuk menampilkan : Kinerja CPU, Traffik internet, Memory, Harddisk yg terpakai, etc
Mengetahui web-web yang melewati proxy atau reporting proxy cahche berdasarkan tanggal.
Sebagai Firewall baik di mikrotik ataupun di freebsd
dapat mengatur bandwith manager peruser
bisa dilengkapi dan disatukan dengan billing hotspot
Proxy dibuat sejajar dengan Posisi User Client sehingga memudahkan dalam maintenance.
Bisa ditambahkan plugin Squid Quard untuk memfilter atau blokir web-web yang tidak dinginkan



Siapa saja yang perlu membutuhkan Proxy Server :

Warnet, agar menghasilkan speed internet dengan request yang cepat sehingga setiap pelanggan merasa nyaman dengan speed internet yang ada, agar warnet tidak ditinggalkan pelanggannya.
Pemerintah Daerah, yang setiap PNS pastinya akan mengakses web yang sama setiap harinya.
Perusahaan, yang memiliki karyawan dalam jumlah yang banyak yang sering mengakses situs tertentu dengan url yang sama setiap harinya, agar tidak mengganggu kinerja perusahaan.

Proxy dan Kinerja
Selain aspek keamanan, proxy server juga dapat memberikan peningkatan kinerja yang penting. Pertama, proxy dapat menyimpan data yang sering direquest untuk meningkatkan kinerja dengan menghilangkan akses berlebih ke jaringan eksternal (yang kecepatannya lebih lambat).

Caching
Karena koneksi ke Internet lambat, proxy dapat digunakan untuk menyimpan sebagian besar Internet secara lokal, sehingga pengguna internal cukup browsing ke proxy lokal. Content tidak berubah dengan sangat cepat. Sekarang caching sangat bermanfaat jika user dalam jumlah besar yang mengakses halaman web yang sama berulang-ulang.

Artikel Terkait

5 Komentar :