Cara Memasang Kabel Front Panel

Merakit komputer bukan pekerjaan yang sangat sulit. Jika diurut-urutkan, rasanya tidak sampai melalui 20  proses :

Langkah-langkah merakit Komputer :

  • 1. Membuka Casing
  • 2. Memasang Power Supply
  • 3. Memasang dudukan baut mainboard
  • 4. Memasang I/O Shield mainboard
  • 5. Memasang mainboard
  • 6. Memasang Processor
  • 7. Memasang RAM
  • 8. Memasang Harddisk
  • 9. Memasang Drive DVD
  • 10. Menghubungkan kabel ke tempat masing-masing
  • 11. Menutup Casing


Jadi, hanya 11 proses saja., sedikit bukan? Setelah mengamati banyak orang yang mencoba merakit, saya telah melihat bahwa kesulitan banyak ditemui pada nomor 10, yaitu "Menghubungkan kabel ke tempat masing-masing", terutama memasang kabel Front Panel casing ke mainboard. Memasang kabel front panel pada umumnya terdiri dari 4 (Empat) pasang kabel yang terhubung dengan :
1. Lampu LED Harddisk (HDD LED)
2. Tombol Power (Power SW)
3. Tombol Reset (RESET SW)
4. Lampu LED Power (POWER LED)

Foto di bawah ini menunjukkan kabel-kabel yang saya maksud

Kali ini saya akan mencoba memberikan tips bagaimana memasang kabel-kabel panel tersebut dengan baik dan benar. Cara terbaik untuk memasang kabel panel tersebut adalah melihat panduannya pada buku manual Mainboard (Motherboard). Tapi umumnya hampir semua mainboard saat ini menggunakan standar yang sama dalam peletakan pin-pin yang akan dipasangi kabel panel, walaupun beberapa mainboard ASUS bersocket AM2 (untuk processor AMD) menggunakan susunan yang tidak biasa. Tapi itu sangat jarang ditemui.

Tugas anda adalah menemukan pin Front Panel di Mainboard. Umumnya terletak di tepi bawah saat mainboard dipasang  pada casing. Berderet disamping pin berketerangan "USB_1, USB_2, AUDIO dan lain-lain." Cari saja dibarisan pin-pin tersebut yang mempunyai keterangan Front Panel atau F_Panel. 2 foto berikut adalah pin Front panel yang biasa ditemui. Terdiri dari 10 pin dengan salah satu pin yang terletak di ujung kanan atas, "KOSONG".





 






Pin yang kosong tersebut adalah pin nomor 10, sedangkan ujung yang berseberangan adalah pin nomor 1. Sehingga lima pin dibawah semua bernomor ganjil, dari kiri ke kanan bernomor 1-3-5-7-9. Sedangkan pin-pin pada barisan atas bernomor genap 2-4-6-8-10.

Berikut saya gambarkan susunan pin yang telah saya beri nomor, ingat pin nomor 10 adalah yang "KOSONG".

Sekarang tinggal menghubungkan pasangan kabel masing-masing ke pin-pin tersebut. Yang akan dihubungkan adalah :

1 - 3          Ke kabel HDD LED
2 - 4          Ke kabel POWER LED
5 - 7          Ke kabel RESET SW
6 - 8          Ke Kabel POWER SW

Sedangkan pin nomor 9 biarkan KOSONG. Perhatikan kolom sebelah kiri, Pin 1, 2 dan 6 dihubungkan dengan kabel positif, hanya pin nomor 5 yang dihubungkan dengan kabel negatif. Sebaliknya, pada kolom sebelah kanan hanya pin nomor 7 yang terhubung ke kabel positif sedangkan pin nomor 3, 4 dan 8 terhubung ke kabel negatif. Sangat mudah untuk menghafal, bukan? 1-3, 2-4, 5-7 dan 6-8. Positif-negatif, positif-negatif ,negatif-positif, dan positif-negatif. Sudah ketahuan jika hanya pin nomor 5-7 yang susunannya terbalik dari yang lain.

Lalu, bagaimana menemukan kabel positif dan negatif ? Untuk mudahnya  lihat saja warnanya. Kabel negatif umumnya berwarna putih atau hitam. Tetapi jika kabel putih dan hitam menjadi pasangan maka yang putih yang negatif. Jika tidak ada kabel warna putih atau hitam biasanya akan ada warna merah sebagai kabel positif.

Sebagai tambahan, untuk casing-casing yang dipasangi lampu power yang lebih besar, saat ini biasanya kabel POWER LED menggunakan  konektor molex male 2 pin (sama persis dengan konektor molex male 4 pin dari power supply, tapi jumlah pinnya hanya 2) yang langsung dihubungkan ke power supply. Seperti foto dibawah ini.

Jadi hanya ada 3 pasang kabel yang dipasang di pin Front Panel, karena kabel untuk POWER LED tidak dipasang di mainboard tapi langsung dihubungkan ke power supply.sumber
 

Artikel Terkait

64 Komentar :